Kamis, 21 Maret 2019

Sarminten, Judesnya Bikin Kangen

Sambelan, judes tapi ngangenin
Kepoin instagram @kulinersurabaya buat liat foto2 lainnya

Aku tuh gak bisa makan makanan yg pedesnya kebangetan. Tapi doyan sambelan. Ribet banget ya, aku jadi orang 😄😄😄  Jadinya aku selalu cari depot sambelan yg tingkat kejudesan sambalnya bisa aku toleransi. Kayak saran temanku, Budi. Buat nyobain tempat yg baru aja buka awal bulan Maret ini. Namanya depot sarminten jl. ambengan (sebelah soto pak sadi). Tempatnya lumayan luas dan bersih. Dengan meja2 panjang buat nampung aneka pesanan kita.


Mujaer & Lele

Sambel di depot Sarminten ada dua macem. Buat yg suka pedes ada sambal bawang yg nagih bener. Aku sampe pesen dadar jagung. Khusus buat dicocol ama sambal bawang ini. Dan buat yg gak terlalu suka pedes ada sambal bajak yg gak kalah mempesona.

Lauk2 teman sambelan di sini macam2. Pilihan banyak banget. Ayam kampung asli, aneka ikan, tahu, tempe, terong, dadar jagung dan lain2. Semuanya mejeng di meja lauk. Tinggal kita comot aja sesuai yg kita mau. Terus kasih ke pelayan yg ada di balik meja. Buat digorengin.

Aneka Lauk

Aku juga paling seneng sayur asem suegere ngepol. Rasa asemnya gak malu2. Ada rasa manis tipis2. Sayur asem yg cucok dimakan pas panas terik siang2. Dan si Sarminten ini punya sayur asem sesuai seleraku itu. Selain sayur asem, Sarminten juga punya sayur lodeh nangka. Sayur lodehnya agak judes dikit

Kalo kalian pingin makan sambelan pake sayur, tapi gak mau sayuran berkuah, ada bothok daun pepaya. Asiknya, bothok daun pepaya buatan Sarminten gak pahit sama sekali. Dengan rasa gurih yg bikin makan makin lahap.

Pas udah kenyang, ditawarin sup buntut ama kakak Sarminten. Katanya wajib dicoba, karena aku bakalan suka. Dan bener juga. Sup buntutnya juga punya rasa yg keren lho. Mana dapet buntut empuk dan guede lagi.

Brosur

Karena baru buka awal Maret 2019, menu Sarminten masih sebatas sambelan. Tapi bakalan banyak menu2 baru yg akan dimunculkan. Mager tapi pingin, tinggal cari aja Depot Sarminten di GoFood

Depot Sarminten
IG. @depotsarminten
Jl. Ambengan 5-7
Surabaya
081292070606
buka senin-sabtu pk 08.00-16.00
❌ NO PORK ❌

Jangan lupa buat follow/subscribe akun2 media sosial KulinerSurabaya biar tetep up to date
Instagram @kulinersurabaya
Twitter @kulinersurabaya
Facebook Kuliner Surabaya

Senin, 18 Maret 2019

Menikmati Sate di Pasar Bunga

Depot Sate dan Gule Pak Mat. Menikmati Sate di pasar bunga.

Buat aku, dulu tempat Pak Mat ini masuk kategori warung. Secara nih, tempat nyempil di antara ruko2 jl. kayoon. Berdiri di atas sungai kecil.

Sekarang, udah pindah tempat yg lebih enakan. Terletak di deretan kios Pasar Bunga Kayoon. Dengan bangunan permanen. Jadi bolehlah sekarang disebut depot hehehehe .... Depot Sate dan Gule Pak Mat buka Senin sampe Sabtu. Pagi2 sekitar pk 06.30 udah buka. Tutup sore, sekitar pk 16.00 ato kalo dagangannya udah abis sebelum waktu tutup. Kemarin aja nih, pas hari Sabtu aku mampur ke sana, sate kambing udah abis. Sedih gak sih? Padahal aku ke sana itu karena mo makan sate kambing. Jadinya, aku pesen sate ayam buat pelipur lara. Eh, ya, kalo pas tanggal merah, si Bapak bukanya suka2 ya. Kalo lagi toron (pulkam) ke Madura, tutup dah depotnya.

Depot Sate dan Gule Pak Mat

Aku paling suka kuah gule yg rempahnya kuat. Kalo ditambah perasan jeruk nipis yg banyak, jadinya sedaaaaap banget. Kuah gule Pak Mat lumayan berempah. Nggak encer. Tapi juga nggak kental banget. Pas. Dan yang kusuka isiannya. Aku bisa minta full organic hehehehe .... Buat yg gak suka makan jeroan bisa kok minta daging aja. Tinggal bilang ama bapaknya.
Selain sate kambing, Depot Pak Mat punya sate ayam. Daging ayam ataupun daging kambing yg digunakan, sama2 empuk. Dibumbui sebelum dibakar. Dibakar pakai bara arang. Untuk sate ayam, aku suka dagingnya matang tapi nggak kering. Sate kambing, aku suka minta dibakar setengah matang.

Gule dan Sate Bar

Baik sate ayam dan sate kambing, memakai saus kacang yg sama. Aku suka saus kacang di sini. Kacang digiling gak halus banget. Bikin rasa  kacang terasa kuat. Beberapa orang menghindari saus kacang. Untuk alasan tertentu. Ada juga yg lebih suka saus kecap. Pas pesan sate, langsung aja bilang maunya pake saus apa. Cuman jangan ngarep saus kecap komplit pake lalapan a la jawa tengahan. Abis si bapak cuma punya bawang merah aja. Ama lombok iris.

Pengumuman

Foto2 lainnya bisa dilihat di sini

Harga menu
Sate kambing 40k per 10 tusuk
Sate ayam 16k per 10 tusuk
Gule kambing 35k per mangkuk

Depot Sate dan Gule Pak Mat
Jl. Kayoon 72
Surabaya
081.703.703.570 / 081.803.000.320
Buka Senin - Sabtu pk. 06.30 - 16.00

Jangan lupa buat follow/subscribe akun2 media sosial KulinerSurabaya
Instagram @kulinersurabaya
Twitter @kulinersurabaya
Facebook Kuliner Surabaya

Rumah Baru KulinerSurabaya

Postingan pertamaku di rumah yg baru ...

Setelah 10 tahun, dan kasus malware beberapa kali. Akhirnya aku mutusin udah cukup dah. Aku pindah rumah aja. Karena kesalahan komunikasi, artikel2 lama jadinya kehapus semua. Iya, kehapus bersih. Tanpa BackUp. Gila gak sih?!

Jadinya ya udah deh. Anggep aja aku memulai lembaran hidup baru di rumah baru hahahhaha .....
Penting banget kan tetap bersikap positif itu. Supaya langkah terasa ringan

Let's start brand new


Jangan lupa buat follow/subscribe akun2 media sosial KulinerSurabaya
Instagram @kulinersurabaya
Twitter @kulinersurabaya
Facebook Kuliner Surabaya

Sarminten, Judesnya Bikin Kangen

Sambelan, judes tapi ngangenin Kepoin instagram @kulinersurabaya buat liat foto2 lainnya Aku tuh gak bisa makan makanan yg pedesnya keba...